Skip to main content

Hapus Stigma Negatif, Penanganan Mantan Pengguna Narkoba Harus Komprehensif




Salah satu permasalahan besar yang masih muncul dalam konteks adiksi adalah  masih melekatnya stigma negatif di antara mantan pengguna narkoba. Hal ini berimbas pada kurangnya kepercayaan yang diberikan kepada para mantan pengguna narkoba atau recovering addict. Beberapa fakta masih mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya jika ada kehilangan barang di rumah, maka dengan mudah tuduhan itu akan meluncur pada mantan pengguna narkoba yang ada di rumah tersebut.
“Hal ini menunjukkan masih adanya stigma negatif yang memberikan dampak negatif untuk para mantan pecandu narkoba”, ujar Dr Jody, salah seorang staf  Pasca Rehabilitasi BNN, saat memandu Focus Discussion Group (FGD) dengan tema “Pengguna Narkoba Dihukum atau Direhabilitasi? Dampak Stigma Negatif Terhadap Masa Depan Pengguna”, yang digelar di BNN, Kamis (28/2).
Penanganan mantan pecandu narkoba memang membutuhkan upaya hebat yang kontinyu dan tak kenal batas. Hal ini bisa dipetik dari pengalaman Bunda Ifet, ibunda Bimbim ( penggebuk drum Slank).  
Bunda Ifet dikenal sebagai seorang ibu yang berjuang keras untuk memulihkan anaknya dari ketergantungan narkoba. Berkat ketekenunan dan kesabarannya, Bunda Ifet berhasil mengeluarkan Bimbim, dan juga Kaka (vocalis Slank) dari jeratan narkoba dengan menggunakan metode detoksifikasi.
Pada saat narkoba mulai menjerat Bimbim dan Kaka, grup band Slank yang memiliki jutaan  fans loyal di negeri ini memasuki masa-masa sulit. Saat itulah, Bunda Ifet masuk ke dalam manajemen untuk mengarahkan anaknya serta personel lainnya untuk tetap berkarya tanpa mengonsumsi narkoba.
Setelah Bimbim dan Kaka mulai pulih, rupanya stigma negatif masih melanda grup band ini sehingga ada berbagai kontrak manggung yang sulit untuk direalisasikan. Banyak pihak yang masih menganggap bahwa pemain band yang sudah terkena narkoba tidak akan tampil maksimal. Namun, berkat keyakinan dan upaya yang keras, Bunda Ifet berhasil meyakinkan bahwa Slank sudah pulih dan sudah bisa maksimal. Peranan sang Bunda Ifet yang begitu kuat inilah yang menjadi salah satu roh dalam grup band ini tetap bisa berkarya dan bisa memberikan penampilan terbaiknya. Menurut Bunda Ifet, karya-karya Slank justru jauh lebih bagus ketika mereka sudah pulih dari kecanduan narkoba.
Dalam konteks stamina, ada paradigma salah dan seringkali ditelan bulat-bulat oleh para pemain band. Paradigma itu adalah, ketika para pemain band itu telah memainkan 10 lagu, maka harus diberikan doping sehingga bisa menaikkan power mereka. Maka tidak heran ada beberapa musisi yang akhirnya menggunakan narkoba untuk menaikkan performa mereka. Menanggapi hal ini, Bunda Ifet tegas menolak paradigma ini, karena pada dasarnya memainkan puluhan lagu pun bisa dilakukan tanpa menggunakan narkoba, dan Slank sudah membuktikannya.
Bunda Ifet berpesan khusus agar para orang tua memahami betul perkembangan anak-anaknya. “Orang tua tuh harus benar-benar memahami betul perubahan yang terjadi pada sikap anak kita, jangan sampai kecolongan, perhatikan jika ada perubahan drastis baik itu dari cara dia bicara, bersikap, hingga cara berpakaian, karena pada dasarnya akan kelihatan kok kalau anak kita mulai mengonsumsi narkoba”, ujar Bunda Ifet.
Meski dinyatakan pulih dari ketergantungan narkoba, Bunda Ifet merekomendasikan pada para orang tua dari mantan pengguna narkoba agar selalu memiliki perhatian dan kepedulian tanpa batas. Salah satu sikap yang ia tunjukkan adalah ketegasan dengan melarang Bimbim untuk menggunakan telepon selular selama satu setengah tahun, setelah Bimbim dinyatakan pulih.
Sementara itu, Cepi Chandra, seorang mantan pengguna narkoba dari kalangan selebritis juga membagikan pengalamannya untuk tetap survive dan tidak lagi tercoreng dari stigma negatif sebagai mantan pengguna narkoba.
Bagi aktor yang seringkali memerankan peran antagonis ini, masa sulit karena narkoba pernah ia lalui. Baginya,  narkoba telah menghambat perjalaanan karirnya, karena ia tidak bisa bekerja dengan maksimal sehingga  akhirnya  karirnya tenggelam.
Namun setiap manusia memang memiliki titik balik dengan cara masing-masing. Pada saat sang ibunda meninggal dunia, Cepi mulai sadar bahwa hidupnya yang dinodai dengan penyalahgunaan narkoba harus segera diperbaiki. Setelah bertahun-tahun menggunakan narkoba berbagai jenis, dari mulai pil koplo, ekstasi, hingga sabu, Cepi akhirnya berhenti mengonsumsinya. Beberapa tahun ia mengalami masa sulit karena harus vakum dari dunia entertainment yang membesarkan namanya. Setelah benar-benar pulih, Cepi pun kembali mendapatkan kembali karirnya di dunia jagad hiburan. Beberapa judul sinetron kini sedang ia geluti. Menurutnya, setiap orang yang pernah terjebak narkoba bukan menjadi akhir dari segalanya karena banyak mantan pengguna yang akhirnya kembali bersinar.
Menyinggung masih banyaknya stigma yang berkembang di masyarakat, Dr Jodi berpendapat, sosialisasi mengenai para korban penyalahguna narkoba masih minim sehingga masyarakat sendiri kurang begitu memperdulikan eksistensi mereka. Ia berharap kampanye yang digalakan itu tidak hanya di level anti narkoba, tapi juga harus masuk ke level kampanye peduli korban narkoba.
Menanggapi pernyataan tersebut, Sulaeman, salah seorang peserta diskusi meminta agar media massa dapat lebih memerankan fungsinya, dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang narkoba dan juga korbannya, sehingga masyarakat dapat memahami betul mengenai permasalahan adiksi. Dengan pemahaman itulah, paradigma masyarakat tentang pengguna atau mantan pengguna narkoba pun akan lebih objektif, sehingga secara otomatis stigma buruk yang melekat pada diri mereka akan hilang.



Comments

Popular posts from this blog

Sepeda Ban Gede Enggak Bikin Cape

 Sepeda gendut atau fatbike masih tergolong minim penggemarnya. Hal ini bisa dilihat dari eksistensinya di jalanan, jarang sekali kita lihat sepeda jenis ini. Banyak yang beranggapan, berat lah, capek lah, dan lain-lain sebagainya. Saat orang bilang demikian, saya juga sempet mikir, iya juga kali ya. Apalagi review di Youtube itu sangat sedikit tentang sepeda beginian.  Nah, saya sebenarnya sudah mengincar sepeda gendut ini sejak 3 tahunan lalu. Saat awal-awal pandemi, di mana sepeda jadi booming, dan harganya gila-gilaan. Saat itu, sebenarnya pengen banget meminang sepeda gendut ini, namun karena beberapa alasan akhirnya saya lewatkan. Tapi, dalam tiga tahun itu, saya selalu iseng untuk stalking foto-foto orang lagi gowes pakai sepeda gendut ini.  Keinginan untuk memiliki si sepeda gendut ini kembali muncul di tahun 2023. Bahkan ngebet banget sampai-sampai harus membangun birokrasi yang lebih intensif dan komprehensif dengan  istri tercinta hehehe, untuk bisa membawa si sepeda gendut

Namanya Satria Keenan Arrais

9 bulan 5 hari,  tepat pada tanggal 2 Februari 2013 akhirnya jagoan saya menyapa dunia. Namanya Satria Keenan Arrais, yang artinya seorang pejuang yang memiliki visi tajam dan seorang pemimpin. Tepat lahir di dunia saat azan subuh, hati saya bergetar, senyum terkembang, dan rasa syukur tak terhingga selalu dipanjatkan kepada Allah SWT. Air mata bahagia bercucuran, lalu mengumandangkan azan sambil nangis, gak peduli nadanya fals dan tidak beraturan. Hehe Keenan merupakan anugerah terindah yang pernah saya dapatkan di dunia ini. Ini adalah titipan Allah yang sangat berharga. Campur aduk haru bahagia, tapi di sisi lain,saya harus siap menerima amanah yang maha dahsat ini. Bagaimana tidak, sepanjang hayat saya, saya harus bisa mendidik, membimbing, dan mengarahkan buah hati ini untuk menjadi seseorang yang berakhlak mulia. Proses persalinan istri saya membuahkan cerita unik tersendiri. Tanggal 1 Februari 2013, rencananya saya akan pulang ke Wonogiri mengantarkan istri saya. Karen

Momentum

 Tanggal 1 Juni 2023 akan selalu menjadi pengalaman yang menjadi pelajaran berharga bagi saya.  Bersepeda harusnya menjadi momentum berbahagia, tapi justru ini menjadi nestapa. Kenapa? ya karena karena kurangnya waspada saya kehilangan tas dan seisinya, yaitu dompet berisi surat penting dan ponsel.  Tentu, ini menjadi pelajaran yang sangat mahal bagi saya, keluarga dan orang-orang terdekat saya, agar selalu hati-hati dan waspada dalam menjalankan segala aktivitas.  Pada intinya, saya dijambret. Modusnya, pelaku menggunakan sepeda motor, memepet, meneriaki, dan menepuk pundak saya hingga blank sekitar 2-3 detik, lalu mengambil tas selempang yang melekat di badan. Meski sempat melakukan perlawanan dan berusaha mempertahankan tas, tapi apa daya, momentum itu berada di tangan si penjambret. Momentum hilang tas pun melayang.  Dari situ, saya terus menganalisis dari kejadian yang saya alami. Ternyata momentum itulah yang sangat krusial. Karena seharusnya, dalam momentum kontak mata yang hany